Saturday, January 6, 2024

Pengertian Produk dan Jenis Produk

Produk adalah barang/layanan (jasa) yang ditawarkan untuk dijual dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan keuntungan. Produk dapat berbentuk secara fisik, kelihatan (tangible) dan Suatu produk dapat berupa layanan yang tidak terlihat secara fisik (intangible). Oleh karena itu secara umum produk dapat dibagi menjadi dua, yaitu:


 ➤Produk Barang

Barang adalah produk berbentuk fisik yang memiliki bentuk nyata (tangible) sehingga bisa dilihat, disentuh, dan diraba. Karena berbentuk fisik maka barang bisa dilihat jelas oleh semua orang. Barang bisa berbentuk apa saja, mulai dari: barang dagangan, peralatan atau perlengkapan, bahan mentah, atau produk setengah jadi maupun produk yang sudah jadi.

Gambar 4.2. Contoh gambar produk barang

 

Produk Jasa

Jasa adalah produk yang tidak memiliki wujud fisik (intangible). Tidak seperti barang, jasa tidak bisa dimiliki tetapi hanya bisa dimanfaatkan. Jasa merupakan suatu kegiatan atau layanan yang ditawarkan oleh pemilik jasa ke konsumen. Pada dasarnya, jasa tidak memiliki bentuk fisik namun manfaatnya bisa dirasakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

 

Gambar 4.3. Contoh gambar produk Jasa/layanan

 

Setiap produk dibuat dengan biaya dan masing-masing dijual dengan harga tertentu. Beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam sebuah produk baik produk barang maupun produk jasa adalah harus mampu menjawab beberapa pertanyaan mendasar seputar, produk apa yang akan dibuat ?, bagaimana desainya?, apa kegunaannya?, bagaimana kemasannya?, apa mereknya?, warna yang akan digunakan?, label produk?, berapa harga jualnya?, kualitasnya?, pelayanan?, dan jaminan, serta bagaimana cara menjualnya?.

Saat ini produk-produk yang berada di masyarakat sangat beragam. Keberagaman produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat yang menginginkan segala sesuatunya lebih praktis. Selain itu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga sangat mempengaruhi keberagaman produk saat ini.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.