Saturday, January 6, 2024

Alur Belajar P5 Kearifan Lokal SMKS Bina Satria Medan

 
Sumber Gambar : merdeka.com  

Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan warisan nenek moyang. Negeri dengan sejuta keidahan ini tentunya memiliki berbagai jenis keragaman yang luar biasa. Keragaman antara satu daerah dengan daerah lainnya memiliki bentuk dan jenis yang berbeda. Misalnya saja dari hal terkecil seperti pakaian di daerah pegunungan yang memiliki udara dingin tentu berbeda dengan pakaian orang pesisir, dari segi bahasa, suku melayu tentu berbeda dengan bahasa suku jawa, contoh lain misalnya di suatu daerah di Sumatera bagian barat ada tradisi dimana pengantin perempuan yang membeli (memberikan mahar) kepada lelaki sesukunya, hal ini berbeda dengan suku batak, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Keseluruhan aspek dari warisan nenek moyang kita, seperti bahasa, tempat tinggal, cara bercocok tanam (mata pencaharian), permainan tradisional, makanan dan masih banyak lagi tentu inilah yang kita kenal sekarang sebagai suatu kearifan lokal. kearifan lokal yang melekat dalam berbagai dimensi kehidupan masyarakat yang harusnya diwariskan secara turun temurun.

Namun seiring dengan kemajuan dan perkembangan zaman dewasa ini generasi penerus kita sudah kian jauh mempelajari tentang warisan-warisan leluhurnya (Kearifan lokal). Warisan leluhur yang diberikan oleh para leluhur mereka dianggap kuno dan ketinggalan zaman. Pelajar-pelajar saat ini lebih cenderung menyukai perubahan yang dibawakan oleh teknologi. Kita bisa melihat berapa banyak anak-anak (pelajar) yang bermain dengan permainan tradisional mereka, sangat sedikit jumlahnya jika dibandingkan dengan pelajar yang bermain game modern dengan gadget (Hp) mereka. Oleh karenannya sudah saatnya kita memperkenalkan kembali kearifan lokal milik bangsa ini agar generasi penerus kita memahami kekayaan dari warisan leluhur mereka.

Pada tulisan saya kali ini saya mencoba menyusun alur belajar kearifan lokal. Alur belajar ini didapat berdasarkan pengalaman penulis bersama tim P5 kearifan lokal di SMKS Bina Satria Medan. Penulis memahami bahwa konten ini masih jauh dari sempurna, oleh karenanya masukan dari Bapak/Ibu guru pembaca sangat diperlukan untuk perbaikan materi ini kedepannya, akhir kata saya mengucapkan terimakasih.

untuk dapat melihat alur belajar pada pertemuan P5 Kearifan Lokal kali ini silahkan klik link dibawah ini :

https://drive.google.com/file/d/1w28Wxzy_Al6AyW2jLk1I9KT_pbVk76_Z/view?usp=sharing

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.