Saturday, January 6, 2024

ATP Projek Kreatif & Kewirausahaan

Satuan Pendidikan             : SMKS Bina Satria Medan

Kelas                                     : XI & XII

Fase                                       : F

No

Elemen

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Materi / Konten

Alokasi Waktu

Profil Pelajar Pancasila

1.

Kegiatan Produksi

Pada akhir fase F peserta didik mampu menyusun rencana produksi meliputi menetapkan jenis dan jumlah produk, menetapkan desain/ rancangan produk, menyusun proses kerja pembuatan prototype/ contoh produk, dan menghitung biaya produksi.

Peserta didik mampu membuat produk mulai dari menyusun rencana dan jadwal kerja, menetapkan strategi produksi, menetapkan kriteria standar/ spesifikasi produk, melaksanakn kegiatan produksi, pengendalian mutu (quality assurance).

Peserta didik mampu membuat desain desain kemasan, melaksanakan pengemasan produk, membuat labeling.

Peserta didik mampu menentukan strategi distribusi dan memberikan layanan terhadap keluhan pelanggan.

1.  Peserta didik mampu mengkasifikasikan produksi dan jenisnya

2.  Peserta didik mampu menyusun rencana produksi

3.  Peserta didik mampu membuat Desain/Rancangan prototype produk dan kemasan

4.  Peserta didik mampu menentukan strategi distribusi dan memberikan layanan terhadap keluhan pelanggan.

1.   Produksi dan Jenisnya

2.   Perencaan Produksi

dan metode perencanaan produksi

Rancangan Produk

3.   Menyusun Proses Kerja Pembuatan Prototype produk dan kemasan

4.   Menghitung Biaya Produksi

90 JP

Kreatif & Bernalar Kritis

2.

Kewirausahaan

Pada akhir fase F peserta didik mampu membaca peluang usaha dengan mengidentifikasi potensi yang ada di lingkungan internal dan eksternal SMK, serta menetapkan jenis usaha. Peserta didik mampu menyusun proposal usaha (business plan) yang meliputi perencanaan usaha, biaya produksi, break even point (BEP), dan return on investment (ROI). Peserta didik mampu memasarkan produk dengan menentukan segmen pasar, menentukan harga produk, dan menentukan media yang digunakan untuk memasarkan produk. Peserta didik mampu menerapkan prinsip Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), menjelaskan konsep HAKI, dan mematuhi peraturan tentang HAKI. Pada akhir fase F, peserta didik mampu menyusun laporan keuangan berupa laporan neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas.

1.  Peserta didik mampu membaca peluang usaha dengan mengidentifikasi potensi yang ada di lingkungan internal dan eksternal SMK, sertamenetapkan jenis usaha.

2.  Peserta didik mampu menyusun proposal usaha

3.  Peserta didik mampu memasarkan produk

4.  Peserta didik mampu menerapkan prinsip-prinsip HAKI

5.  Peserta didik mampu menyusun laporan keuangan berupa laporan neraca

1.  Peluang Usaha dan Analisis Peluang Usaha

2.  Menyusun proposal usaha

3.  Pemasaran Produk

4.  Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

5.  Menyusun Laporan keuangan

90 JP

Kreatif , Bernalar Kritis & Gotong royong


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.