Satuan Pendidikan :
SMKS Bina Satria Medan
Kelas :
XI & XII
Fase :
F
No |
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
Tujuan
Pembelajaran |
Materi /
Konten |
Alokasi
Waktu |
Profil
Pelajar Pancasila |
1. |
Kegiatan Produksi |
Pada akhir fase F peserta didik mampu menyusun rencana produksi
meliputi menetapkan jenis dan jumlah produk, menetapkan desain/ rancangan
produk, menyusun proses kerja pembuatan prototype/ contoh produk, dan
menghitung biaya produksi. Peserta didik mampu membuat produk mulai dari menyusun rencana
dan jadwal kerja, menetapkan strategi produksi, menetapkan kriteria standar/
spesifikasi produk, melaksanakn kegiatan produksi, pengendalian mutu (quality assurance). Peserta didik mampu membuat desain desain kemasan, melaksanakan
pengemasan produk, membuat labeling.
Peserta didik mampu menentukan strategi distribusi dan
memberikan layanan terhadap keluhan pelanggan. |
1. Peserta didik mampu
mengkasifikasikan produksi dan jenisnya 2. Peserta didik
mampu menyusun rencana produksi 3. Peserta didik
mampu membuat Desain/Rancangan
prototype produk dan
kemasan 4. Peserta didik
mampu menentukan strategi distribusi dan memberikan layanan terhadap keluhan
pelanggan. |
1. Produksi dan
Jenisnya 2. Perencaan
Produksi dan metode perencanaan
produksi Rancangan Produk 3. Menyusun
Proses Kerja Pembuatan Prototype produk dan kemasan 4. Menghitung
Biaya Produksi |
90 JP |
Kreatif & Bernalar Kritis |
2. |
Kewirausahaan |
Pada akhir fase F peserta didik mampu membaca peluang usaha
dengan mengidentifikasi potensi yang ada di lingkungan internal dan eksternal
SMK, serta menetapkan jenis usaha. Peserta didik mampu menyusun proposal
usaha (business plan) yang meliputi perencanaan usaha, biaya produksi, break
even point (BEP), dan return on investment (ROI). Peserta didik mampu
memasarkan produk dengan menentukan segmen pasar, menentukan harga produk,
dan menentukan media yang digunakan untuk memasarkan produk. Peserta didik mampu
menerapkan prinsip Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), menjelaskan konsep
HAKI, dan mematuhi peraturan tentang HAKI. Pada akhir fase F, peserta didik
mampu menyusun laporan keuangan berupa laporan neraca, laporan laba rugi,
laporan perubahan modal, dan laporan arus kas. |
1. Peserta didik mampu
membaca peluang usaha dengan mengidentifikasi potensi yang ada di lingkungan
internal dan eksternal SMK, sertamenetapkan jenis usaha. 2. Peserta didik
mampu menyusun proposal usaha 3. Peserta didik
mampu memasarkan produk 4. Peserta didik
mampu menerapkan prinsip-prinsip HAKI 5. Peserta didik
mampu menyusun laporan keuangan berupa laporan neraca |
1. Peluang Usaha dan Analisis Peluang Usaha 2. Menyusun
proposal usaha 3. Pemasaran
Produk 4. Hak Atas
Kekayaan Intelektual (HAKI) 5. Menyusun
Laporan keuangan |
90 JP |
Kreatif , Bernalar Kritis & Gotong royong |
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.