Thursday, August 17, 2017

Jurnal : Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Antara Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X Ap SMK Taman Siswa Medan T.A 2016/2017



Oleh
M. Faisal Ridho Lubis, NIM 7133141059
Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi,
Universitas Negeri Medan
Email: Muhammadfaisalridho1@gmail.com


ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa dan motivasi belajar sebagai variabel antara pada mata pelajaran kewirausahaan Kelas X AP SMK Taman Siswa Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa Medan yang beralamat di Jln Bakaran Batu No. 18 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah 82 orang. Dengan menggunakan teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengelolaan kelas dan motivasi belajar berupa angket yang berjumlah 46 soal. Validitas angket diuji dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson dengan hasil dari 46 instrumen, 3 diantaranya tidak valid. Reliabilitas diuji dengan menggunakan rumus Alpha Croncbach dengan hasil untuk reliabilitas pengelolaan kelas adalah sebesar rhitung = 0,753 > rtabel = 0,306, dan untuk reliabilitas motivasi belajar adalah sebesar rhitung = 0,749 > rtabel = 0,306.
            Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear sederhana yaitu: (a) Y2 = 46,136 + 0,350X1, (b) Y = 34,422 + 0,501 X1, (c) Y = 72,996 + -0,055 X2. Dari hasil uji T dengan taraf signifikaan 95 % dan alpha 5% pada variabel pengelolaan kelas diperoleh thitung = 2,274 > ttabel = 1,664. Hasil ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan. Dari hasil uji T pada variabel motivasi belajar diperoleh thitung = 2,495 > ttabel = 1,664. Hasil ini menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan. Hasil perhitungan pengaruh tidak langsung X1 terhaap Y melalui X2. Sehingga dari hasil perhitungan di peroleh bahwa koefisien dari X1 – X2 – Y < X1 – Y (- 0,010 < 0,229 ) menunjukkan bahwa pengelolaan kelas melalui motivasi belajar tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap prestasi Belajar Kewirausahaan siswa kelas X AP SMK Taman Siswa Medan T.A 2016/2017
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar



            

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.