Tuesday, August 15, 2017

Jurnal : Pengaruh Kreativitas Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas x ips SMA Negeri 21 Medan T.a 2016/2017



Muhammad Togu

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi
Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
muhammadtogu@yahoo.co.id

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas guru dan fasilitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kreativitas guru dan fasilitas belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 21 Medan T.A 2016/2017.
            Populasi dalam penelitian ini berjumlah 149 orang. sedangkan untuk pengambilan sampel, diambil 50 % dari total populasi dengan menggunakan teknik simple random sampling (acak), yaitu setiap unsur mempunyai kesempatan yang sama untuk terambil sebagai unsur dalam sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Uji validitas untuk analisi butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach’s alpha. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda dan koefisien determinasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji F.
             Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS versi 20, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 18,793 + 0,462X1 + 0,370 X2. Selanjutnya analisis koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,739 yang berarti sebesar 73,9 % variabel X1 dan X2 memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t, diperoleh hasil bahwa masing-masing variable X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Variabel X1 diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu (10,520 > 1,665) dan variabel X2 diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu (7,628 > 1,665). Sedangkan untuk uji F diperoleh hasil bahwa secara simultan variabel X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai Fhitung > Ftabel  (103,535 > 6,94).
            Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara uji parsial dan uji simultan kreativitas guru dan fasilitas belajar masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 21 Medann T.A 2016/2017.
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.