Muhammad
Togu
Program Studi
Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi
Fakultas
Ekonomi, Universitas Negeri Medan
muhammadtogu@yahoo.co.id
ABSTRAK
Permasalahan dalam
penelitian ini adalah rendahnya kreativitas guru dan fasilitas belajar. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kreativitas guru dan
fasilitas belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 21 Medan T.A 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 149 orang. sedangkan untuk pengambilan sampel, diambil 50 % dari
total populasi dengan menggunakan teknik simple random sampling (acak), yaitu
setiap unsur mempunyai kesempatan yang sama untuk terambil sebagai unsur dalam
sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Uji validitas untuk analisi
butir angket menggunakan rumus korelasi product
moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach’s alpha. Uji asumsi klasik
menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji regresi linear berganda dan koefisien determinasi. Uji
hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji F.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan
program SPSS versi 20, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 18,793 + 0,462X1 + 0,370 X2.
Selanjutnya analisis koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,739 yang berarti sebesar 73,9 % variabel X1
dan X2 memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar
ekonomi. Berdasarkan uji t, diperoleh hasil bahwa masing-masing variable X1
dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar
ekonomi. Variabel X1 diperoleh nilai thitung
> ttabel yaitu (10,520 > 1,665) dan variabel X2
diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu
(7,628 > 1,665). Sedangkan untuk uji F diperoleh hasil bahwa secara simultan
variabel
X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar ekonomi dengan nilai Fhitung
> Ftabel (103,535 > 6,94).
Kesimpulan dari
penelitian ini adalah secara uji parsial dan uji simultan kreativitas guru dan
fasilitas belajar masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi
siswa kelas X IPS SMA Negeri 21 Medann T.A 2016/2017.
Kata Kunci: Kreativitas Guru,
Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.