Wednesday, August 23, 2017

Jurnal : Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Interaksi Edukatif Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI AP SMK Swasta Taman Siswa Medan T.A 2016/2017



Oleh
Melisa Rosalina Sitorus, NIM 7131141072
Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi,
Universitas Negeri Medan


ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar kewirausahaan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Interaksi Edukatif Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI AP SMK Swasta Taman Siswa Medan T.A 2016/2017.

            Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Taman Siswa Medan yang beralamat di Jln. Bakaran Batu No.18 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Swasta Taman Siswa Medan yang berjumlah 68 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP-1, dan XI AP-2 dengan jumlah sebanyak 68 orang. 

            Teknik analisis data yang digunakan adalah Perhitungan  Regresi Linear Berganda, Pengujian Hipotesis Secara Parsial (Uji t), Pengujian Hipotesis Secara Simultan (Uji F), dan Menguji Koefisien Determinasi (R2).

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa dengan nilai thitung > ttabel (2,535 > 1,668). Variabel interaksi edukatif juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa dengan nilai thitung > ttabel (1,865 > 1,668). Selain itu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual dan interaksi edukatif secara simultan terhadap prestasi belajar kewirausahaan dengan nilai Fhitung > Ftabel (5,173 > 3,14). Dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,137 atau 13,7 %. 

            Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan Antara Kecerdasan Intelektual dan Interaksi Edukatif Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI AP SMK Swasta Taman Siswa Medan T.A 2016/2017.


Kata Kunci: Kecerdasan Intelektual, Interaksi Edukatif, dan Prestasi Belajar Kewirausahaan


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.