Ari
Mahran Saleh
Program
StudiPendidikanEkonomi, JurusanPendidikanEkonomi
FakultasEkonomi,
UniversitasNegeri Medan
arimahransaleh@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap prestasi
belajar IPS siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Darussalam Medan Tahun
Ajaran 2016/2017 dengan mengambil populasi sebanyak 166 siswa, sedangkan sampel
yang diambil sebanyak 62 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi,
dokumentasi, wawancara dan angket. Teknis analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan analisis data
diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa melalui uji t (parsial) ada
pengaruh antara Kebiasaan Belajar terhadap prestasi belajar IPS dengan
perhitungan nilai thitung > ttabel (3,045 > 1,671)
dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi α = 0,05 (0,003
< 0,05). Dan ada pengaruh Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar IPS
dengan perhitungan nilai thitung > ttabel (2,735 >
1,671) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi α = 0,05
(0,008 < 0,05). Serta ada pengaruh antara Kebiasaan Belajar dan Lingkungan
Belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa melalui uji F (simultan) dengan
perhitungan membandingkan nilai Fhitung
> Ftabel (10,183 > 3,15) dengan nilai signifikansi lebih
kecil dari taraf signifikan α = 0,05 (0,000 < 0,05).
Kesimpulan
dalam penelitian ini adalah secara uji t (parsial) Kebiasaan Belajar
berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa. Dan Lingkungan Belajar
berpengaruh terhdapa prestasi belajar IPS siswa. Secara uji F (simultan)
Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar
IPS siswa.
Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar IPS.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.