Sunday, August 20, 2017

Jurnal : Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII SMP Darussalam Medan Tahun Ajaran 2016/2017



Ari Mahran Saleh

Program StudiPendidikanEkonomi, JurusanPendidikanEkonomi
FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Medan
arimahransaleh@gmail.com

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Darussalam Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan mengambil populasi sebanyak 166 siswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 62 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa melalui uji t (parsial) ada pengaruh antara Kebiasaan Belajar terhadap prestasi belajar IPS dengan perhitungan nilai thitung > ttabel (3,045 > 1,671) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi α = 0,05 (0,003 < 0,05). Dan ada pengaruh Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar IPS dengan perhitungan nilai thitung > ttabel (2,735 > 1,671) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi α = 0,05 (0,008 < 0,05). Serta ada pengaruh antara Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa melalui uji F (simultan) dengan perhitungan membandingkan nilai  Fhitung > Ftabel (10,183 > 3,15) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikan α = 0,05 (0,000 < 0,05).

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t (parsial) Kebiasaan Belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa. Dan Lingkungan Belajar berpengaruh terhdapa prestasi belajar IPS siswa. Secara uji F (simultan) Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa. 

Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar IPS.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.