Tuesday, August 15, 2017

Jurnal : Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan cara belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program studi pendidikan tataniaga Fakultas ekonomi unimed Stambuk 2013



Oleh
Muhammad Yusuf, NIM 7133141072
Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi,
Universitas Negeri Medan
                              

ABSTRAK

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dan cara belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Tataniaga Fakultas Ekonomi Unimed Stambuk 2013. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Unimed yang beralamat di Jl. Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Tataniaga yang berjumlah 111 orang. Sampel penelitian ini adalah 93 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Untuk uji instrument peneliti menggunakan uji validitas uji realibilitas. Untuk menganalisis data penulis menggunakan persamaan regresi berganda dan untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi (R^2).

Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis secara linear  Y = 65.354 -0,073X1 + 0,111X2. Hasil analisis uji t untuk variabel kondisi sosial ekonomi orang tua (X1) diperoleh nilai  t_hitung <  t_tabel (-1,584 < 1,661). Dengan demikian, maka hipotesis pertama ditolak yang berarti tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua (X1) terhadap prestasi belajar (Y). Untuk variabel cara belajar (X2) diperoleh nilai  t_hitung >  t_tabel (2,371 > 1,661), dengan demikian, maka hipotesis kedua diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara cara belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Berdasarkan uji f diperoleh bahwa F_(Hitung )< F_Tabel (3,029 < 3,10). Dengan demikian, maka hipotesis ketiga ditolak yang berarti tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dan cara belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Tataniaga Fakultas Ekonomi Unimed Stambuk 2013.

Kata Kunci : Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Cara Belajar, Prestasi Belajar.



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.