Tidak bisa dipungkiri, bahwa kemajuan
teknologi yang terjadi belakangan ini membawa arah baru bagi kalangan
mahasiswa dalam memilih cara belajarnya. Dengan adanya kemajuan dan perkembangan
teknologi setiap orang diberikan hak yang sama besarnya dalam memilih cara
belajar .
Perkembangan dan kemajuan teknologi
yang terjadi belakangan ini sedikit banyaknya telah mempengaruhi minat
mahasiswa dalam melakukan kegiatan belajar secara berkelompok
(Berdiskusi). Mahasiswa lebih memilih belajar sendiri – sendiri dengan
Gadgednya,ataupun dengan berbagai jenis teknologi lainya .
Hal ini dinilai lebih praktis
untuk belajar mengingat mudahnya akses dalam mencari sumber materi dimana
saja dan kapanpun kita mau tanpa harus melibatkan dan mengumpulkan banyak
orang.
Didalam hal mengakses materi belajar,
mungkin hal itu jauh lebih praktis ketimbang dengan berdiskusi,tapi jika kita
melihatnya lebih jauh, belajar sendiri dengan menggunakan Gadged atau media
teknologi lainya tidak melatih seseorang untuk memiliki kemampuan seperti
berbicara, berdebat dan menambah kemampuannya dalam berorganisasi.
Proses belajar yang dilakukan secara
sendiri – sendiri ini juga mengakibatkan minimnya proses pertukaran ide
sehingga seringkali kita terjebak pada kebuntuan – kebuntuan pemikiran
dalam mengkaji suatu permasalahan.
Lain halnya dengan berdiskusi, Menurut
Moh. Surya (1975:107) diskusi kelompok merupakan suatu proses bimbingan dimana
murid-murid akan mendapat suatu kesempatan untuk menyumbangkan pemikiran
masing-masing dalam memecahkan masalah bersama.
Didalam dunia pendidikan tinggi diskusi
merupakan sebuah akomodasi bagi mahasiswa untuk memperoleh dan memperluas
pengetahuannya.
Didalam banyak hal diskusi juga sangat
membantu mahasiswa dalam melatih dan memupuk keberanian mereka didalam
menuangkan ide-idenya, dengan berdiskusi mahasiswa juga akan termotivasi untuk
lebih banyak membaca karena didalam berdiskusi memerlukan pemahaman dan
pendalaman atas tema yang akan disiskusikan.
Oleh karenanya untuk meningkatkan mutu
daripada pendidikan tinggi diharapkan agar setiap kampus membuat sebuah
kebijakan yang dapat mendorong agar mahasiswa senantiasa diarahkan untuk
berpartisipasi secara aktif dan senantiasa ditantang untuk memiliki daya kritis
.
Melalui model pembelajaran
yang mengajak mahasiswa untuk senantiasa berdiskusi diharapkan dapat
menumbuhkan dan membiasakan mahasiswa terlibat secara aktif dalam
membangun pribadi dan pengetahuannya.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.