Tuesday, April 16, 2024

Pengelompokan Surat Menurut Sifatnya

Sumber Gambar : www.gramedia.com







Menurut sifat atau jaminan keamanan suatu surat, maka surat dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu: surat biasa, surat konfidensial dan surat rahasia.

a. Surat Biasa

Surat biasa adalah surat yang isinya bersifat biasa (bukan rahasia), dapat berdampak dan tanpa amplop. Apabila surat biasa tersebut tidak disertai amplop, orang lain dengan mudah dapat mengetahui apa isi surat tersebut. Namun, bila suatu surat biasa tersebut dimasukkan ke dalam amplop, maka orang lain yang tidak berhak, tidak seyogianya membuka surat milik orang lain tersebut.

b. Surat Konfidensial (Terbatas)

Surat konfidensial adalah surat yang termasuk rahasia, tetapi terbatas untuk kalangan tertentu. Artinya surat tersebut ditunjukkan untuk pejabat tertentu, dan bukan untuk disebarluaskan secara meluas dalam suatu organisasi. Misalnya hasil rapat pimpinan, surat hasil penilaian kinerja manajer, dan surat hasil keputusan wawancara kerja.

c. Surat Rahasia

Surat rahasia adalah surat yang isinya hanya boleh dibuka dan dibaca oleh orang/pejabat tertentu dalam suatu organisasi. Ini berarti bahwa hanya orang/pejabat yang dituju saja yang mempunyai hak untuk membuka dan membacanya.

Surat sangat rahasia terdiri dari 3 buah amplop. Dan biasa diberi kode “SRHS” atau “SR”, tingkat kerahasiaan surat ini sangat tinggi, biasanya yang berhubungan erat degan keamanan Negara.  Amplop pertama diberi tanda “sangat rahasia” lalu dimasukkan ke amplop kedua yang diberi tanda “sangat rahasia”. kedua amplop ini dimasukkan pada amplop ketiga yang merupakan amplop biasa (tidak diberi tanda).


Sumber : 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.