Monday, February 19, 2024

SEJARAH PENEMUAN MESIN UAP DAN AWAL MULA REVOLUSI INDUSTRI

Sumber Gambar : https://www.gramedia.com/ 

 








Revolusi industri merupakan suatu istilah yang sering kali kita dengar saat ini. Tanpa kita sadari revolusi industri telah mengubah cara hidup manusia dari yang bersifat tradisional menjadi lebih modern. Transformasi/ perubahan cara hidup manusia ini dimulai pada abad ke 18 di Inggris yang ditandai dengan disempurnakannya mesin uap oleh James Watt pada tahun 1781. James Watt menemukan kelemahan besar dari mesin uap sebelumnya yaitu mesin uap Newcomen. James Watt menemukan sebuah kelemahan besar dari mesin Uap Newcomen, yaitu terlalu banyaknya pemborosan energi pada cara kerjannya. James Watt kemudian mengembangkan mesin yang jauh lebih efesien dibandingkan dengan mesin uap yang sebelumnya. James Watt kemudian menggunakan ruang terpisah sebagai pendinginan. Menurutnya, upaya pendinginan yang dilakukan dengan cara menyiramkan air dapat memangkas bahan bakar dan waktu. Oleh karena itu pada mesin yang dikembangkan oleh James Watt kemudian mengunah proses pendinginan yang dilakukan dengan cara mengalirkan uap air kedalam ruang  yang berbeda sehingga proses pendinginan menjadi lebih optimal dan mampu memproduksi barang dalam jumlah besar.

Sumber Gambar : https://pixabay.com/








Penemuan mesin uap telah mengganti cara produksi yang semula berasal dari tenaga manusia dan hewan digantikan oleh kemunculan mesin-mesin. Pencapaian dari penemuan mesin uap tersebut membuat roda industri berjalan secara cepat. Banyak barang produksi seperti tekstil, kertas, besi, dan lainnya bisa diproduksi dengan tenaga mesin dan dalam waktu yang relatif singkat. Dengan ditemukannya mesin uap juga menjadi cikal bakal terciptanya transportasi tenaga uap seperti mobil tenaga uap, kapal laut tenaga uap dan kereta api tenaga uap sebagai trasportasi untuk membawa barang dan manusia dari suatu tempat/ daerah yang satu ke tempat/ daerah yang berjauhan.

Untuk lebih mudahnya dalam memahami sejarah revolusi Industri yang terjadi maka lebih lanjut revolusi industri dibagi kedalam beberapa tahap yang diantaranya :


Revolusi Industri Tahap 1.0

Revolusi industri tahap 1.0 ditandai ketika tenaga manusia dan hewan sudah mulai digantikan oleh  kemunculan mesin uap  dalam proses produksi dan pertanian. Mesin uap sendiri memiliki tenaga yang bersumber dari pembakaran batubara. Pembakaran batu bara membuat energi kalor berubah jadi energi gerak untuk menggerakkan mesin-mesin produksi dan pertanian yang kemudian berkembang keberbagai sektor lainnya contonya, dalam bidang transportasi ditemukannya kereta api tenaga uap, mobil tenaga uap, dan kapal laut tenaga uap dan lain sebagainya.

Kereta Api Tenaga Uap : https://id.pngtree.com/








Revolusi Industri Tahap 2.0

Di periode ini, peralihan tenaga otot sudah mulai berkurang dan penggunaan mesin uap mulai tergantikan oleh tenaga listrik dan tenaga diesel/bensin. Karena itu, kemajuan pada abad ini ditandai dengan penemuan pembangkit tenaga listrik, telepon, mobil tenaga diesel, dan pesawat terbang.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir :
https://www.kompas.com/ 








Ribuan produk dapat tercipta dari pabrik-pabrik yang menggunakan lini produksi dan ban berjalan bertenaga listrik dengan metode produksi massal (mass production). 


Revolusi Industri Tahap 3.0

Revolusi industri 3.0 ditandai dengan adanya mesin yang bergerak dan berpikir secara otomatis yaitu komputer dan robot. Karena hal inilah revolusi 3.0 memiliki nama lain yaitu Revolusi Digital. 

https://www.idxchannel.com/







Pada bagian ini, peristiwa revolusi industri disebut perubahan karena lahirnya teknologi komputer menandakan cikal-bakal kemudahan kerja untuk manusia. Dalam tahap ini juga ditemukannya mesin-mesin produksi yang canggih menggunakan komputerisasi untuk menggerakan tangan-tangan robot untuk melakukan pengelasan dan pengecatan pada industri otomotif.


Revolusi Industri Tahap 4.0

Revolusi ini  adalah perpaduan kemajuan dalam, Internet of Things (IoT), pencetakan 3D, rekayasa genetika, komputasi kuantum, dan teknologi lainnya.

https://ekonomi.bisnis.com/







Yang pertama dari peristiwa revolusi industri 4.0 yang paling terasa adalah internet. Semua komputer tersambung ke sebuah jaringan bersama. Komputer juga semakin kecil sehingga bisa menjadi sebesar kepalan tangan kita, makanya kita jadi punya smartphone, dengan smartphone yang kita miliki saat ini kita dengan mudah dapat berbelanja dimanapun dan kapanpun. Contoh lain adalah teknologi sensor seperti fingerprint.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.