Sunday, September 3, 2023

Jenis- Jenis Bisnis

 Oleh : Muhammad Yusuf, S.Pd., Gr.







Definisi Bisnis

Bisnis merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh perorangan atau juga organisasi yang melingkupi aktivitas produksi, pembelian, penjualan, atau juga pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk bisa mendapatkan keuntungan atau laba.


Jenis Bisnis Berdasarkan Aktivitasnya

Bisnis Agraris

Bisnis agraris, adalah kegiatan bisnis yang pergerakannya pada bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan kehutanan.

Bisnis Ekstraktif

Bisnis ekstraktif, adalah aktivitas bisnis yang pergerakkanya di bidang pertambangan dengan melakukan penggalian bahan-bahan tambang yang ada di dalam dan terkandung di perut bumi. Seperti batu bara, emas, besi, intan, alumunium, tembaga semen, minyak dan gas bumi.

Bisnis Jasa

adalah kegiatan bisnis yang bertujuan untuk menjual jasa berupa keahlian tertentu yang dapat menangani atau mengatasi masalah orang lain.

Contoh Bisnis Jasa:

C:\Users\User\Downloads\1627981494215556412shutterstock_1733898410.jpg

Sumber Gambar : https://www.cashlez.com/blog/membuka-salon-kecantikan-di-tengah-pandemi-ikuti-8-tahap-ini_675.html 

  • Jasa bengkel mobil yang membantu memperbaiki dan merawat mobil.
  • Jasa pijat reflexi yang membantu seseorang untuk menjaga kesehatan seseorang melalui pijat kesehatan.

Bisnis Perdagangan

Bisnis perdagangan adalah kegiatan bisnis yang jual barang/ jasa tanpa mengubah bentuk barang/ jasa yang dijual. dalam bisnis perdagngan keuntungan penjual diperoleh dari selisih harga beli dengan harga jual. Contoh bisnis ini adalah Alfamart, Indomaret, Irian, maupun grosir.

Binis Pariwisata

Bisnis pariwisata adalah bisnis yang bergerak dalam bidang pariwisata, adapun contoh dari bisnis ini adalah, Bisnis lokasi wisata, hotel, agen perjalanan wisata, dan lain-lain.

Bisnis Manufaktur

Bisnis manufaktur adalah bisnis yang bergerak dalam rangka untuk menciptakan produk. baik produk dari bahan mentah ke bahan setengah jadi maupun bahan setengah jadi menjadi bahan jadi

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.