Sunday, September 3, 2023

Definisi Dan Jenis Layanan Bisnis



Definisi Layanan Bisnis

Pengertian pelayanan menurut Moenir dalam Rexy (2019), pelayanan merupakan suatu proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung untuk mencapai kepuasan pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya. Layanan bisnis sering juga disebut sebagai layanan pelanggan oleh karenanya untuk lebih mengetahui tentang jenis- jenis layanan bisnis antara lain ?

a. Layanan Pelanggan Berjalan

Jenis layanan berjalan merupakan pelayanan terhadap pelanggan yang dilakukan dengan cara bertemu langsung secara fisik dengan pelanggan. Pelanggan harus datang ke kantor layanan pelanggan dan menyampaikan keluhannya atau kebutuhannya. Kadang terjadi antrean panjang untuk mendapatkan layanan. Jenis layanan ini cukup menyita waktu.

Contoh Pelayanan Pelanggan ini adalah
Layanan pelanggan Customer Servis (CS) di Bank















b. Layanan Pelanggan Melalui email dan Telepon
Perkembangan bisnis sekarang ini sudah masuk dalam era digitalisasi. Untuk menghemat biaya dan menerapkan layanan pelanggan virtual, tren yang sekarang ini digunakan untuk layanan pelanggan adalah dengan menggunakan layanan call service dan email untuk memudahkan penyampaian keluhan. Seperti contoh layanan pelanggan Chika BPJS Kesehatan, PLN, Telkom dan layanan pembelian online.













c. Layanan Pelanggan Melalui Live Chat

Livechat merupakan jenis layanan yang secara langsung dapatdilakukan berupa obrolan yang telah dipersonalisasi antara pelanggan dan departemen layanan. Livechat bisa membuat percakapan dan keterlibatan secara langsung atau real-time. 

Contoh layanan Live Chat, 
WA Pandawa BPJS, Jualan di Tiktok, dan media sosial lainnya , Transportasi online seperti grab, gojek dan toko online.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.