Thursday, May 7, 2020

Kelebihan dan Kelemahan Metode Pembelajaran Ceramah

Macam Macam Metode Pembelajaran, Pengertian, Jenis, Dan Contohnya

Kelebihan Metode Ceramah
Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang diperoleh guru saat menggunakan mertode ceramah dalam menyampaikan materi pelajaran. 

a. Menghemat Waktu dan Biaya
Dalam metode ceramah, kemungkinan waktu terbuang sia- sia relatif kecil. Sebab, waktu dan materi pembelajaran sepenuhnya ada ditangan guru. Dengan kata lain guru memiliki keleluasaan untuk melakukan pembelajaran sesuai dengan keinginannya.

b. Dapat menjelaskan lebih banyak hal kepada murid
Metode ceramah dijalankan guru dengan memberikan pemahaman secara lisan. Adapun tugas murid adalah mendengarkan dan mencatat secara bersamaan. Hal ini akan berjalan lebih efektif apabila guru menggunakan pengeras suara.

c. Memudahkan guru menyusun rencana pembelajaran
metode ceramah memungkinkan guru melakukan klasifikasi serta mengkaji aspek- aspek bahan pembelajaran. Sebab guru telah mempersiapkan materi sebelum pembelajaran dimulai.

Kelemahan Metode Ceramah
Dibalik keunggulannya, metode ceramah juga memiliki kelemahan yang harus diperhatikan guru agar tidak menimbulkan kekacauan di dalam wilayah pembelajaran. Berikut adalah kelemahan- kelemahan dalam metode ceramah :

a. Mempersulit murid yang kurang memiliki kemampuan menyimak dan mencatat dengan baik
Di dalam kelas tentu setiap siswa dibekali dengan kemampuan masing- masih. Ada yang mudah menyimak apa yang disampaikan oleh guru ada juga yang lamban dalam menyimak pembelajaran yang diberikan oleh guru. Sehingga apabila di kelas terdapat anak yang lamban dalam menyimak pembelajaran yang di berikan oleh guru maka besar kemungkinan dia akan tertinggal dibandingkan dengan teman- temannya yang lain. Hal ini disebabkan oleh minimnya kemampuan murid tersebut dalam menyimak apa yang telah disampaikan oleh guru.

b. Mendorong verbalitas atau menghapal
Seorang guru sering kali menyuruh siswa untuk menyampaikan kembali apa yang telah di jelaskan olehnya di depan kelas. Hal tersebut sangat wajar dikarenakan seorang guru melakukannya dengan tujuan evaluasi yaitu untuk melihat sejauh mana kemampuan murid menangkap pelajaran yang telah di berikan oleh guru. Namun hal ini sering kali membuat murid menjadi lebih cenderung menghapal ketimbang memahami arti sebenarnya yang telah disampaikan oleh guru. Murid- murid kebanyakan mencatat kemudian menghapal apa yang telah disampaikan oleh guru tentu ada dampak positif yaitu siswa menjadi lebih memahami dan mengingat materi yang sedang di pelajari. Namun pola ini apabila dilakukan secara terus menerus setiap jam belajar maka murid akan merasa bosan dan jenuh dalam belajar. Sehingga dampak besarnya dapat memengaruhi minat anak- anak dalam belajar.

C. Mengesampingkan kesempatan murid untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar
Metode belajar ceramah merupakan sebuah metode belajar yang terpusat kepada guru  seluruh penjelasan di dominasi sepenuhnya oleh guru atau dengan kata lain guru menjadi sumber pokok atau pemikiran dalam suatu pembelajaran tanpa melihat kemampuan murid dalam menyelesaikan suatu masalah.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.