Kelebihan
Metode Ceramah
Berikut
ini adalah beberapa keunggulan yang diperoleh guru saat menggunakan mertode
ceramah dalam menyampaikan materi pelajaran.
a.
Menghemat Waktu dan Biaya
Dalam
metode ceramah, kemungkinan waktu terbuang sia- sia relatif kecil. Sebab, waktu
dan materi pembelajaran sepenuhnya ada ditangan guru. Dengan kata lain guru
memiliki keleluasaan untuk melakukan pembelajaran sesuai dengan keinginannya.
b.
Dapat menjelaskan lebih banyak hal kepada murid
Metode
ceramah dijalankan guru dengan memberikan pemahaman secara lisan. Adapun tugas
murid adalah mendengarkan dan mencatat secara bersamaan. Hal ini akan berjalan
lebih efektif apabila guru menggunakan pengeras suara.
c.
Memudahkan guru menyusun rencana pembelajaran
metode
ceramah memungkinkan guru melakukan klasifikasi serta mengkaji aspek- aspek
bahan pembelajaran. Sebab guru telah mempersiapkan materi sebelum pembelajaran
dimulai.
Kelemahan Metode Ceramah
Dibalik
keunggulannya, metode ceramah juga memiliki kelemahan yang harus diperhatikan
guru agar tidak menimbulkan kekacauan di dalam wilayah pembelajaran. Berikut
adalah kelemahan- kelemahan dalam metode ceramah :
a.
Mempersulit murid yang kurang memiliki kemampuan menyimak dan mencatat dengan
baik
Di
dalam kelas tentu setiap siswa dibekali dengan kemampuan masing- masih. Ada
yang mudah menyimak apa yang disampaikan oleh guru ada juga yang lamban dalam
menyimak pembelajaran yang diberikan oleh guru. Sehingga apabila di kelas
terdapat anak yang lamban dalam menyimak pembelajaran yang di berikan oleh guru
maka besar kemungkinan dia akan tertinggal dibandingkan dengan teman- temannya
yang lain. Hal ini disebabkan oleh minimnya kemampuan murid tersebut dalam
menyimak apa yang telah disampaikan oleh guru.
b.
Mendorong verbalitas atau menghapal
Seorang
guru sering kali menyuruh siswa untuk menyampaikan kembali apa yang telah di
jelaskan olehnya di depan kelas. Hal tersebut sangat wajar dikarenakan seorang
guru melakukannya dengan tujuan evaluasi yaitu untuk melihat sejauh mana
kemampuan murid menangkap pelajaran yang telah di berikan oleh guru. Namun hal
ini sering kali membuat murid menjadi lebih cenderung menghapal ketimbang
memahami arti sebenarnya yang telah disampaikan oleh guru. Murid- murid
kebanyakan mencatat kemudian menghapal apa yang telah disampaikan oleh guru
tentu ada dampak positif yaitu siswa menjadi lebih memahami dan mengingat
materi yang sedang di pelajari. Namun pola ini apabila dilakukan secara terus
menerus setiap jam belajar maka murid akan merasa bosan dan jenuh dalam
belajar. Sehingga dampak besarnya dapat memengaruhi minat anak- anak dalam
belajar.
C.
Mengesampingkan kesempatan murid untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar
mengajar
Metode
belajar ceramah merupakan sebuah metode belajar yang terpusat kepada guru seluruh penjelasan di dominasi sepenuhnya
oleh guru atau dengan kata lain guru menjadi sumber pokok atau pemikiran dalam
suatu pembelajaran tanpa melihat kemampuan murid dalam menyelesaikan suatu
masalah.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.