1. Kelebihan Metode Demonstrasi
a.
Menurut Elizar (1996:45), metode demonstrasi memiliki kelebihan atau keunggulan
berupa meminimalkan kemungkinan murid melakukan kesalahan. Hal ini disebabkan
murid memperoleh pengalaman serta pengamatan secara langsung. Dengan kata lain,
murid dapat memusatkan perhatian pada hal- hal yang dianggap penting. Ketika
seorang murid memiliki keraguan dalam demonstrasi suatu pelajaran, maka ia
dapat bertanya secara langsung kepada guru.
b.
Keunggulan metode ini juga dipaparkan oleh M. Basyiruddin Usman (2002:46). Ia
menyatakan bahwa keunggulan metode demonstrasi adalah perhatian murid dapat
terpusat sepenuhnya pada pokok bahasan yang akan diperagakan. Hal tersebut
tentu saja memberikan pengalaman praktis yang dapat membentuk ingatan kuat dan
keterampilan murid dalam berbuat. Manfaat lain metode ini ialah dapat
menghindarkan murid dari mengambil keputusan atau kesimpulan secara keliru
sebab, murid mengamati jalannya demonstrasi atau peragaan secara langsung.
c.
Adapun menurut Syaiful Bahri Djamarah (2000 : 56), Keunggulan metode
demonstrasi ialah membantu anak didik secara jelas jalannya suatu proses
kegiatan pembelajaran serta memudahkan guru menjelaskan berbagai materi. Selain
itu, metode ini berguna memperbaiki kesalahan- kesalahan dari metode ceramah
melalui pengamatan dan pengadaan. Contoh kongkrit berupa objek yang sebenarnya.
2.
Kelemahan Metode Demonstrasi
a.
Anak didik terkadang sukar melihat dengan jelas benda yang akan diperagakan.
Hal ini disebabkan tidak semua benda atau materi dapat dipertunjukan
b.
Murid dapat menngalami kebingungan atau tidak memahami materi apabila guru yang
mendemonstrasikan kurang yang diperagakan.memahami atau bahkan tidak memahami
Sesutu yang diperagkan.
Daftar
Rujukan
Setyanto, Ardi N. 2014. Panduan Sukses Komunikasi Belajar
Mengajar. Jogjakarta : DIVA Press.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.