Wednesday, April 1, 2020

Struktur Pasar


 

Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Pada analisa ekonomi dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna (yang meliputi monopoli, oligopoli,duopoli, monopolistic, monopsoni, duopsoni, dan oligopsoni).

a.    Pasar Persaingan Sempurna
Adalah suatu pasar dimana terdapat sejumlah besar penjual dan pembeli, sehingga tindakan penjual secara individu tidak dapat mempengaruhi harga barang dipasaran. Produk yang dihasilkan para produsen cenderung sama (homogen) sehingga produsen yang satu tidak dapat mempengaruhi harga terhadap konsumen lainnya.

Ciri- ciri pasar persaingan sempurna
a. Jumlah penjual dan pembeli banyak
b. Barang jualan bersifat homogen
c. Tidak ada campur tangan pemerintah dalam penentuan harga
d. Faktor-faktor produksi bergerak bebas
e. Penjual adalah price taker  (pengambil keputusan harga)
f. Konsumen mempunyai posisi kuat untuk tawar menawar
g. Sulit mendapat keuntungan di atas rata-rata
h. Free entry and exit (tidak ada hambatan untuk keluar masuk pasar bagi penjual)

Contoh Pasar ini adalah Pasar tradisional yang menjual sayur-sayuran, buah-buahan, maupun kebutuhan pokok lainnya.
Keuntungan Belanja di Pasar Tradisional Halaman 1 - Kompasiana.com


b.    Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Merupakan jenis pasar yang hanya memiliki penjual terbatas tetapi pembelinya sangat banyak. Barang atau jasa yang terdapat dalam pasar ini beramacam- macam (heterogen). Karena penjualnya sangat terbatas maka penjual berhak menentukan harga (price maker). Dan kenapa pasar ini dikatakan tidak sempurna ialah dikarenakan di pasar ini penjualnya hanya terbatas sehingga menimbulkan ketidak adilan bagi pasar.

Ciri- ciri pasar persaingan tidak sempurna
a. Hanya terdapat sedikit penjual dengan sangat banyak pembeli
b. Harga ditentukan oleh penjual karena ada unsur monopoli
c. Sulit untuk produsen atau penjual baru masuk ke dalam pasar
d. Barang dan jasa yang ditawarkan bervariasi tetapi akan sulit untuk mencari barang subtitusinya.

Pasar persaingan tidak sempurna di bagi atas beberapa bagian yang diantaranya adalah :

1. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah struktur pasar dimana hanya terdapat satu penjual saja. Barang yang dihasilkan tidak mempunyai barang pengganti yang mirip dengan yang ada dipasar tersebut. Selain itu produsen lain sulit sekali masuk ke pasar ini dengan berbagai hambatan seperti :

1. Penguasaan bahan mentah yang strategis dikuasai oleh pihak- pihak tertentu
2. Terdapat skala ekonomi
3. Adanya penguasaan hak paten, hak penguasaan ekslusif oleh pihak tertentu

Di Indonesia struktur pasar monopoli kerap dipegang oleh perusahaan- perusahaan milik pemerintah. Adapaun salah satu contoh dari perusahaan monopoli milik pemerintah yang ada di Indonesia adalah Perusahaan Linstrik Negara (PLN). 

PLN adalah perusahaan tunggal yang memproduksi listrik di Indonesia. Hal ini bertujuan sebagai mana amanat pasal 33 UUD 1945. Bahwa segala sesuatu yang menyangkut hajat hidup orang banyak dikuasai sepenuhnya oleh pemerintah untuk sebesar- besarnya kemakmuran rakyat.

Sumber daya yang menyangkut hajat hidup orang bayak harus dikuasai sepenuhnya oleh Negara, sebab jika dikuasai oleh perusahaan swasta atau asing maka mereka akan semau-maunya menaikan harga yang pada akhirnya dapat menyengsarakan rakyat.
Dirut Baru Dituntut Ubah Model Bisnis PLN

     Ciri-ciri pasar monopoli
     1. Terdapat satu orang penjual dengan banyak pembeli di pasar. Karena sifatnya ini, pembeli tidak dapat beralih ke penjual lain meskipun merasa dirugikan dengan harga yang ditetapkan
     2. Tidak terdapat barang pengganti yang dapat disediakan oleh pihak lain selain penjual yang ada di pasar tersebut
     3. Terdapat hambatan dalam memasuki pasar bagi perusahaan baru. Hambatan yang ada dapat berupa undang-undang, teknologi mutakhir yang dimiliki, modal yang sangat besar dan lainnya
     4. Penjual pada pasar monopoli dapat menentukan harga sesuai keinginannya karena tidak tersedianya barang substitusi dekat dari barang yang dijual
     5. Kurva permintaan di pasar sama dengan kurva permintaan yang dihadapi perusahaan monopolis.


2. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, di mana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh pasar. Atau dengan kata lain bentu dari pasar oligopoly adalah pasar yang  dikuasai oleh beberapa perusahaan namun jumlah barang yang ditawarkan tetaplah homogen atau satu jenis saja. Pasar oligopoli biasanya dilakukan dengan bentuk upaya menahan perusahaan potensial dapat memasuki pasar. Contoh dari pasar oligopoli anta lain industri motor, industri air mineral, industri rokok dan lain sebagainya.
Harga 10 Merek Rokok yang Diperkirakan Naik Mulai 1 Januari 2020


Ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah:
a. Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
b. Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiatedproduct), sepertiairminuman aqua.
c. Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
d. Satu di antaranya para oligopolis merupakan price leader yaitu penjual


3. Pasar Duopoli
Pasar duopoli adalah suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan. Contoh : penewaran minyak pelumas di Indonesia dikuasai oleh PT. Pertamina dan Caltex.
Beranda | PT Pertamina (Persero)

Ciri- ciri pasar duopoli
a. Dikuasai oleh 2 produsen atau penjual dan banyak pembeli
b. Harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual baik dengan kesepakatan atau tidak
c. Price leadership oleh 2 perusahaan besar yang mana perusahaan kecil hanya menjadi pengikut
d. Ketergantungan antar 2 perusahaan cukup tinggi
e.  Sulit untuk perusahaan baru masuk ke dalam pasar


4. Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik adalah suatu pasar dimana terdapat banyak penjual atau perusahaan dan memiliki ukuran- ukuran yang sama besarnya. Produk yang dihasilkan berbeda corak, sehingga secara fisik mudah dibedakan antara produk yang diproduksi oleh suatu perusahaan dengan produk yang diproduksi oleh perusahaan lain.
Contoh dari pasar monopolistic adalah perusahaan mobil dan perusahaan sepeda motor.
 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PT. TOYOTA ASTRA MOTOR

Ciri – ciri pasar monopolistik
a. Terdapat beberapa penjual dan banyak pembeli
b. Adanya diferensiasi produk
c. Masing- masing produsen bersaing dari segi kualitas
d. Produsen bebas keluar masuk pasar

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.