Struktur
pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan
pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam
industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan
dalam kegiatan industri. Pada analisa ekonomi dibedakan menjadi pasar
persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna (yang meliputi
monopoli, oligopoli,duopoli, monopolistic, monopsoni, duopsoni, dan
oligopsoni).
a. Pasar
Persaingan Sempurna
Adalah suatu pasar dimana terdapat
sejumlah besar penjual dan pembeli, sehingga tindakan penjual secara individu
tidak dapat mempengaruhi harga barang dipasaran. Produk yang dihasilkan para
produsen cenderung sama (homogen) sehingga produsen yang satu tidak dapat
mempengaruhi harga terhadap konsumen lainnya.
Ciri- ciri pasar persaingan sempurna
a. Jumlah penjual dan pembeli
banyak
b. Barang jualan bersifat
homogen
c. Tidak ada campur tangan
pemerintah dalam penentuan harga
d. Faktor-faktor produksi bergerak
bebas
e. Penjual adalah price
taker (pengambil keputusan harga)
f. Konsumen mempunyai posisi
kuat untuk tawar menawar
g. Sulit mendapat keuntungan
di atas rata-rata
h. Free
entry and exit (tidak ada hambatan untuk keluar
masuk pasar bagi penjual)
Contoh Pasar ini adalah Pasar
tradisional yang menjual sayur-sayuran, buah-buahan, maupun kebutuhan pokok
lainnya.
b.
Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Merupakan
jenis pasar yang hanya memiliki penjual terbatas tetapi pembelinya sangat
banyak. Barang atau jasa yang terdapat dalam
pasar ini beramacam- macam (heterogen). Karena penjualnya sangat terbatas maka
penjual berhak menentukan harga (price maker). Dan kenapa pasar ini dikatakan
tidak sempurna ialah dikarenakan di pasar ini penjualnya hanya terbatas
sehingga menimbulkan ketidak adilan bagi pasar.
Ciri- ciri pasar persaingan tidak
sempurna
a. Hanya terdapat sedikit penjual dengan sangat banyak
pembeli
b. Harga ditentukan oleh penjual karena ada unsur monopoli
c. Sulit untuk produsen atau penjual baru masuk ke dalam pasar
d. Barang dan jasa yang ditawarkan bervariasi tetapi akan sulit untuk
mencari barang subtitusinya.
Pasar persaingan tidak sempurna di bagi
atas beberapa bagian yang diantaranya adalah :
1. Pasar
Monopoli
Pasar monopoli adalah struktur pasar dimana hanya terdapat
satu penjual saja. Barang yang dihasilkan tidak mempunyai barang pengganti yang
mirip dengan yang ada dipasar tersebut. Selain itu produsen lain sulit sekali
masuk ke pasar ini dengan berbagai hambatan seperti :
1.
Penguasaan bahan mentah yang strategis dikuasai oleh pihak- pihak tertentu
2.
Terdapat skala ekonomi
3. Adanya
penguasaan hak paten, hak penguasaan ekslusif oleh pihak tertentu
Di Indonesia struktur pasar monopoli kerap dipegang oleh
perusahaan- perusahaan milik pemerintah. Adapaun salah satu contoh dari
perusahaan monopoli milik pemerintah yang ada di Indonesia adalah Perusahaan
Linstrik Negara (PLN).
PLN adalah perusahaan tunggal yang memproduksi listrik di
Indonesia. Hal ini bertujuan sebagai mana amanat pasal 33 UUD 1945. Bahwa
segala sesuatu yang menyangkut hajat hidup orang banyak dikuasai sepenuhnya
oleh pemerintah untuk sebesar- besarnya kemakmuran rakyat.
Sumber daya yang menyangkut hajat hidup orang bayak harus
dikuasai sepenuhnya oleh Negara, sebab jika dikuasai oleh perusahaan swasta
atau asing maka mereka akan semau-maunya menaikan harga yang pada akhirnya
dapat menyengsarakan rakyat.
1. Terdapat satu orang penjual dengan banyak pembeli di
pasar. Karena sifatnya ini, pembeli tidak dapat beralih ke penjual lain
meskipun merasa dirugikan dengan harga yang ditetapkan
2. Tidak terdapat barang pengganti yang dapat disediakan
oleh pihak lain selain penjual yang ada di pasar tersebut
3. Terdapat hambatan dalam memasuki pasar bagi perusahaan
baru. Hambatan yang ada dapat berupa undang-undang, teknologi mutakhir yang
dimiliki, modal yang sangat besar dan lainnya
4. Penjual pada pasar monopoli dapat menentukan harga sesuai
keinginannya karena tidak tersedianya barang substitusi dekat dari barang yang
dijual
5. Kurva permintaan di pasar sama dengan kurva
permintaan yang dihadapi perusahaan monopolis.
2. Pasar
Oligopoli
Pasar
oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, di mana
terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh pasar. Atau dengan
kata lain bentu dari pasar oligopoly adalah pasar yang
dikuasai oleh beberapa
perusahaan namun jumlah barang yang ditawarkan tetaplah homogen atau satu jenis
saja. Pasar oligopoli biasanya dilakukan
dengan bentuk upaya menahan perusahaan potensial dapat memasuki
pasar. Contoh dari pasar oligopoli anta lain industri motor, industri air
mineral, industri rokok dan lain sebagainya.
Ciri-ciri
dari pasar oligopoli adalah:
a. Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai
pasar.
b. Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiatedproduct), sepertiairminuman aqua.
c. Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
d. Satu di antaranya para oligopolis merupakan price leader yaitu penjual
b. Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiatedproduct), sepertiairminuman aqua.
c. Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
d. Satu di antaranya para oligopolis merupakan price leader yaitu penjual
3.
Pasar Duopoli
Pasar duopoli adalah suatu pasar dimana
penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan. Contoh : penewaran
minyak pelumas di Indonesia dikuasai oleh PT. Pertamina dan Caltex.
Ciri- ciri pasar duopoli
a. Dikuasai oleh 2 produsen atau penjual
dan banyak pembeli
b. Harga ditentukan secara sepihak oleh
kedua penjual baik dengan kesepakatan atau tidak
c. Price leadership oleh 2 perusahaan
besar yang mana perusahaan kecil hanya menjadi pengikut
d. Ketergantungan antar 2 perusahaan
cukup tinggi
e. Sulit untuk perusahaan baru masuk ke dalam
pasar
4.
Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik adalah suatu pasar
dimana terdapat banyak penjual atau perusahaan dan memiliki ukuran- ukuran yang
sama besarnya. Produk yang dihasilkan berbeda corak, sehingga secara fisik
mudah dibedakan antara produk yang diproduksi oleh suatu perusahaan dengan
produk yang diproduksi oleh perusahaan lain.
Contoh dari pasar monopolistic adalah
perusahaan mobil dan perusahaan sepeda motor.
Ciri – ciri pasar monopolistik
a. Terdapat beberapa penjual dan banyak
pembeli
b. Adanya diferensiasi produk
c. Masing- masing produsen bersaing dari
segi kualitas
d. Produsen bebas keluar masuk pasar
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.