Friday, June 28, 2024

Pengertian Produk Menurut Beberapa Ahli

Sumber Gambar : Uwaisstore
info pemesanan kurma 082166383523












Kata produk mungkin sudah sangat familiar sekali terdengar didalam kehidupan sehari-hari. Namun tahukah kamu apa sebenarnya definis dari produk ?, nah dalam tulisan ini kita akan membahas tentang Pengertian produk menurut beberpa ahli.

Pengertian Produk

Kata produk berasal dari Bahasa Inggris yaitu product yang berarti sesuatu yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya.  Dari definisi tersebut kita mendapat sebuah Gambaran bahwa produk merupakan suatu hasil dari kegiatan usaha yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Jika kita klasifikasikan Produk juga ada yang sifatnya berwujud (dapat dilihat, dirasa dan diraba) yang biasa kita kenal sebagai produk barang. Produk ada juga yang sifatnya tidak berwujud (tidak dapat dilihat, dirasa dan diraba namun bisa dirasakan manfaatnya) yang biasa kita kenal sebagai produk Jasa.

Nah berikut ini merupakan pengertian Produk menurut beberpa ahli antara lain adalah sebagai berikut :


Menurut Wiliam J. Stanton

Menurut Stanton yang diterjemahkan oleh Rahmat A. (1996:222), Dalam artian sempit produk adalah sekumpulan atribut fisik secara nyata yang terkait dalam sebuah bentuk yang dapat didefinisikan. Sedangkan secara umum,produk diartikan sekumpulan atribut yang nyata dan tidak nyata, yang didalamnya tercakup warna, harga, kemasan, prestise pengecer, dan pelayanan dari pabrik serta pengecer yang diterimaoleh pembeli sebagai sesuatu yang dapat memuaskan keinginan.


Menurut Philip Kotler

Dalam Bahasa Inggris Kotler menyatakan, A product as anything that can be offered to a market for attention, acquisition, us or consumption and the might satisfy a want or need. Artinya, produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen. 


Menurut H. Djaslim Saladin, SE

Dalam bukunya yang berjudul "Unsur-unsur Inti Pemasaran dan Managemen Pemasaran" (2003:45), pengertian produk terbagi kedalam beberpa pengertian sebagai berikut :

  1. Dalam pengertian sempit, produk adalah sekumpulan sifat-sifat fisik dan kimia yang berwujud yang dihimpun dalam suatu bentuk yang serupa dan yang telah dikenal.
  2. Dalam pengertian secara luas, produk adalah sekelompok sifat-sifat yang berwujud (tangibel) dan tidak berwujud (intangibel), yang didalamnya sudah tercakup warna, harga, kemasan, prestise pabrik pengecer, dan pelayanan yang diberikan konsumen dan pengecer yang dapat diterima konsumen sebagai kepuasan yang ditawarkan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen.
  3. Dalam pengertian secara umumnya, produk diartikan secara ringkas sebagai segala sesuatu yang dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan atau keinginan manusia, baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud..

Menurut Fandy Tjiptono

Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai suatu pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.


Menurut Swastha dan Irawan

Produk adalah suatu sifat kompleks, baik yang dapat diraba, maupun yang tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, pristise perusahaan, pelayanan pengusaha dan pengecer, yang diterima pembeli untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan.





Daftar Pustaka

Kusmana, Dody. 2019. Produk Kreatif & Kewirausahaan. Bogor: Yudhistira.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.