Monday, September 4, 2023

Cara Membuat Tabel dan Grafik di Microsoft Word

Oleh : Muhammad Yusuf, S.Pd., Gr.

Tahukah kamu bahwa aplikasi Ms Word tidak hanya digunakan sebagai media/ aplikasi untuk mengetik surat/ dokumen yang lainnya saja, melainkan Aplikasi Ms Word ternyata juga bisa digunakan untuk membuat tabel dan Grafik.

Tabel

Tabel merupakan susunan data dalam baris dan kolom yang bertujuan untuk menyediakan informasi kepada pembacanya. Tabel banyak digunakan dalam matematika, penelitian, untuk membuat pembukuan keuangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat tabel di Ms Word :

  1. Buka menu insert pada lembar kerja Ms Word
  2. Pilih tabel
  3. Sesuaikan jumlah baris dan kolom yang ingin kamu gunakan  
  4. Pada MS Word template tabel yang disediakan adalah 8 baris dan 10 kolom (Jika kamu ingin menggunakan jumlah baris atau kolom melebihi template yang disediakan, maka kamu cukup pilih menu Insert Tabel seperti gambar di bawah ini.
      


Gambar tabel dibawah ini merupakan contoh tabel yang dibuat menggunakan Ms. Word

 

Diagram

Diagram adalah suatu gambaran yang dibuat untuk memperlihatkan atau menerangkan suatu data yang akan disajikan sehingga data tersebut dapat menjadi informasi yang mudah difahami oleh pembacanya. 

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat diagram di Ms Word :

  1. Pilih menu Insert pada lembar kerja Ms. Word
  2. Pilih Chart
  3. Kemudian kamu bisa memilih bentuk diagram yang akan kamu buat seperti gambar di bawah ini


  4. Setelah kamu memilih bentuk diagram yang akan kamu gunakan , kemudian tekan Ok
  5. Setelah itu maka akan muncul kotak dialog seperti ini pada lembar kerja Ms Word kamu (kotak dialog yang muncul adalah tabel Ms. Excel yang akan digunakan untuk membuat diagram)


  6. Maka selanjutnya ganti Category yang muncul di layar Ms. Word kamu menjadi nama-nama siswa yang sudah kamu buat sebelumnya didalam tabel (Lihat tabel diatas). Contoh : Category 1 ganti menjadi nama Adi, Category 2 ganti menjadi nama Dea, begitu seterusnya. kamu bisa juga melakukan Copy Paste untuk mempermudah memasukan nama dari data tabel kamu ke tabel untuk membuat diagram tersebut.
  7. Selanjutnya ganti Series 1 menjadi Umur, Series 2 Menjadi Tinggi Badan (Cm), dan Series 3 Menjadi Berat Badan (Kg).
  8. Selanjutnya jika data di tabel sudah masuk semua ke data tabel Ms. Excel untuk membuat diagram maka kamu tinggal hanya menutup tampilan tabel Ms. Excel yang untuk kita gunakan dalam membuat diagram tadi.

  9. Maka tampilan tabel akan menjadi seperti ini , dan kamu bisa mengedit desain tampilan dari diagram tersebut menggunakan menu Design. kamu pilih mana model yang cocok/ sesuai dengan kamu dan kemudian  selesai.













No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.