Sumber Gambar : Suara.com
Oleh : Muhammad Yusuf
1.Salah satu kegiatan awal dalam pengembangan pembelajaran digital adalah membuat desain yang memerlukan pengkajian dan penelaahan yang komprehensif dengan menggunakan prisip-prinsip dalam proses desain itu. Jelaskanlah proses desain pembelajaran digital berdasarkan prinsip-prinsip tersebut.
Jawab :
Prinsip umum dalam pengembangan pembelajaran digital
1.Efektif dan Efisien
Penggunaan ICT dalam proses pembelajaran digital harus memperhatikan manfaat dari penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi lebif efektif dan efesien. Artinya dalam pengembagannya harus dapat memberikan proses pembelajaran yang lebih efektif dan efesien ketimbang pembelajaran konvensional.
2.Optimal. Dengan menggunakan ICT, paling tidak pembelajaran menjadi bernilai bernilai dari pada tanpa menggunakannya. Nilai lebih yang diberikan ICT adalah keluasan cakupan, cakupan, kekinian (up to date), kemodernan dan keterbukaan.
3.Menarik. Artinya dalam prinsip ini, pembelajaran dikelas akan lebih menarik dan memancing keingintahuan yang lebih. Pembelajaran yang tidak menarik dan memancing keingintahuan yang lebih akan berjalan membosankan dan kontra produktif untuk pembelajaran.
4.Merangsang daya krativitas berpikir pelajar. Dengan menggunakan ICT tentu saja diharapkan pelajar mampu menumbuhkan kreativitasnya dengan maksimal yang terdapat didalam diri mereka. Seorang anak yang mempunyai kreativitas tinggi tentunya berbeda dengan pelajar yang mempunyai kreativitas rendah. Pelajar yang mempunyai kreativitas tinggi tentunya akan mampumenyelesaikan permasalahan dengan cepat dan tanggap terhadap permasalahan yang muncul. Begitu pula sebaliknya dengan pelajar yang berkreativitas rendah.
2.Strategi pembelajaran digital memberikan kebermaknaan “meaningful learning” (Bonk and Dennen, 2003). Jelaskan strategi tersebut
Jawab :
Dalam Pembelajaran kebermagnaan atau Meaningful learning pada pembelajaran digital dimaksudkan agar pembelajaran digital merupakan pembelajaran yang memadukan teknologi dalam belajar sehingga pembelajaran yang dilaksanakan guru dan siswa dapat menjadi pembelajaran yang menyenangkan yang akan memiliki keunggulan dalam meraup segenap informasi secara utuh sehingga konsekuensi akhir meningkatkan kemampuan siswa dengan tetap memperhatikan konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang.
3.Berikan gambaran secara singkat terkait belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT based learning)
Jawab :
ICT (Information and Communication Technology) atau yang lebih dikenal dengan TIK teknologi informasi dan komunikasi) adalah berbagai aspek yang melibatkan teknologi, rekayasa dan teknik pengolahan yang digunakan dalam pengendalian dan pemrosesan informasi serta penggunaannya, hubungan komputer dengan manusia dan hal yang berkaitan dengan social, ekonomi dan kebudayaan.
4.Untuk melaksanakan e-learning diperlukan persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi oleh seorang guru dan peserta didik. Berikan penjelasan terkait persyaratan dan kualifikasi tersebut.
Jawab :
Persyaratan dan kualifikasi lain yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan e-learning adalah:
1.Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui pemanfaatan jaringan (misalnya penggunaan internet)
2.Tersedianya dukungan layanan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik, misalnya CD-Room, Flasdisk, atau bahan cetak
3.Tersedianya dukungan layanan tutor yang dapat membantu peserta didik apabila mengalami kesulitan.
4.Adanya penilaian dan pemantauan yang jelas dan terstruktur dalam proses maupun hasinya.
Di samping ketiga persyaratan tersebut masih dapat ditambahkan persyaratan lainnya, seperti adanya: (a) lembaga yang menyelenggarakan/mengelola kegiatan e-learning, (b) sikap positif dari peserta didik dan pendidik/tenaga kependidikan terhadap teknologi computer dan internet, (c) rancangan sistem pembelajaran yang dapat dipelajari/diketahui oleh setiap peserta didik, (d) sistem evaluasi terhadap kemajuan atau perkembangan belajar peserta didik, serta (e) mekanisme umpan balik yang dikembangkan oleh lembaga penyelenggara.
5.Jelaskan unsur penting dalam perencanaan dan penerapan model pembelajaran digital.
Jawab :
Unsur penting dalam perencanaan dan penerapan model pembelajaran digital :
1.Guru
Salah satu unsur dalam proses pendidikan adalah guru. Proses pendidikan di sekolah, guru memegang tugas ganda yaitu sebagai pengajar dan pendidik. Sebagai pengajar guru bertugas menuangkan sejumlah bahan pelajaran kepada peserta didik, sedangkan sebagai pendidik guru bertugas membimbing dan membina anak didik agar menjadi manusia yang berkhlak, cakap, aktif, kreatif, dan mandiri. Sumber (Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam | Volume 2 No. 01 2019 | 121).
Dalam pembelajaran digital guru menjadi salah satu faktor kunci dalam berhasil atau tidaknya pembelajaran digital karena apabila guru tidak melek teknologi atau tidak memahami penggunaan teknologi maka, bisa dipastikan pembelajaran digital tidak dapat dilaksanakan dan tidak dapat berjalan secara maksimal.
2.Siswa
Siswa juga merupakan salah satu faktor kunci dari berhasilnya atau tidak pembelajaran digital, karena apabila siswa tidak melek teknologi maka ia akan kebingungan untuk belajar dengan menggunakan perangkat teknologi digital. Yang kedua, adalah sikap dan sofskil yang dimiliki oleh siswa seperti keimanannya, siswa yang mampu seklaipun apabila tidak memiliki sofskil yang baik atau iman yang baik maka akan ada kecenderungan proses digitalisasi akan disalah gunakan oleh para siswa untuk mengakses hal- hal tidak baik.
3.Sarana dan Prasarana
Guru yang melek teknologi dan siswa yang melek teknologi juga tidak akan mendukung proses digitalisasi pembelajaran digital di sekolah jika sarana dan prasarana tidak dimiliki oleh sekolah ataupun guru dan siswa di rumahnya.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.