RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMKS BINA SATRIA MEDAN
Mata Pelajaran :
Seni
Budaya Kelas/Semester : X/ 1 |
Hari/Tanggal : Alokasi
Waktu :
2 JP (2 x 45 Menit) |
|
3.1 Memahami konsep
budaya |
4.1 Mempresentasikan
konsep budaya |
|
IPK 3.1.1 Menjelaskan
pengertian budaya 3.1.2 Menjelaskan
unsur-unsur dan ciri-ciri budaya |
IPK 4.1.1 Membandingkan
budaya daerah satu dengan yang lain 4.1.2
menampilkan salah satu contoh budaya daerah |
|
Materi : Definisi budaya, unsur, dan wujud kebudayaan |
||
Tujuan Pembelajaran :
Melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning dan pendekatan
saintifik, peserta didik mampu Menjelaskan pengertian budaya, Menjelaskan
unsur-unsur dan ciri-ciri budaya, dan membandingkan budaya daerah satu dengan
yang lain serta menampilkan salah satu contoh budaya daerah dengan sikap tanggung jawab, kreatif,
kerja sama, dan selalu bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa. |
||
Sumber Belajar: Suherli, dkk. 2017. Buku Peserta didik Seni Budaya Kelas X Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud., internet, lingkungan sekitar, dan
sumber lain yang relevan |
||
Apersepsi |
1. Peserta didik bersama pendidik tanya jawab
mengenai konsep
budaya Guru
menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya mempelajari konsep budaya, unsur budaya, fungsi dan klarifikasi
kebudayaan. |
|
Kegiatan Pembelajaran |
||
Model : Discovery
Learning |
1.
Guru menyampaikan secara daring
maupun luring permasalahan tentang konsep budaya dengan seksama 2.
Peserta didik mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang konsep budaya 3.
Guru menugaskan siswa untuk
mencoba mengumpulkan data konsep budaya dengan benar 4.
Siswa
menanyakan materi yang belum dipahami melalui social media whatsapp langsung pada guru melaui
form diskusi whatsapp group 5.
Siswa
merangkum secara mandiri materi yang dipahami 6.
Siswa
mengerjakan soal/tugas dari guru di whatsapp
group |
|
Produk : Hasil diskusi Lembar Kerja Peserta Didik |
||
Diskripsi : Peserta didik bekerja bersama
kelompok dan mempresetasikan hasilnya |
||
Alat dan
Bahan : Materi konsep
budaya,. lembar
kerja siswa, lembar penilaian |
||
Penutup dan
umpan balik |
1. Guru memberikan
refleksi dengan cara lisan kepada peserta didik. 2. Peserta didik
menerima penjelasan tugas mengenai konsep budaya 3. Peserta didik dan
guru mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan berdoa kepada Tuhan Yang
Maha Esa (Penguatan sikap/Religiusitas) |
|
Penilaian 1.
Penilaian
sikap dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara pengamatan dan
observasi. 2.
Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan cara tes lisan dan tulis selama proses
pembelajaran. 3.
Penilaian
keterampilan dengan cara menilai keaktifannya dalam berdiskusi dan presentasi
kelompok.. |
||
Medan, Juli 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah SMKS Bina Satria
Medan Guru
Mata Pelajaran,
Ir. Rosita, S.Pd, MM Annisa
Awwalliyah, S.Pd
Lembar Kerja Peserta Didik
Nama :
Kelas :
A. Capaian: 3.1.1 Menjelaskan pengertian budaya
3.1.2 Menjelaskan
unsur-unsur dan ciri-ciri budaya
4.1.1.Membandingkan budaya daerah satu dengan yang lain
4.1.2
Menampilkan salah satu contoh budaya daerah
B.
Diskusi:
1)
Jelaskan pengertian budaya menurut
pendapatmu
2)
Carilah
contoh dari unsur-unsur budaya di lingkungan sekitarmu.
3)
Sebutkan perbedaan antara budaya melayu
dengan budaya jawa
4)
Presentasikan hasil diskusimu di depan
kelas
no |
Contoh
unsur budaya
|
Budaya
Melayu |
Budaya
Jawa |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.