Dalam penaganan surat,
ada beberapa perlengkapan yang harus disediakan, yaitu sebagai berikut :
1. Baki Surat (Tray)
Alat ini berguna
sebagai tempat dari berkas surat yang ada. Baki surat ini berfungsi sebagai
tempat surat dengan tujuan tujuan untuk mempermudah dalam membeda-bedakan
jenis- jenis surat yang masuk maupun yang keluar. Biasanya baki surat dapat
kita temukan di atas meja staf administrasi atau sekertari atau juga bisa di
meja pimpinan.
2. Secretaries Desk File
Secretaries
Desk File merupakan kumpulan map dengan kode jenis
klasifikasi perlengkapan sesuai dengan kelompok berkas yang ditangani.
3. Alat Tulis Kantor
Alat tulis kantor
antara lain bolpoin, pensil, penggaris, kertas catatan, stapler, dan penjepit
kertas.
4. Kertas dan Amplop
Kertas digunakan untuk
mencetak surat, dan amplop digunakan sebagai pembungkus surat ataupun dokumen.
5. Alat Pembuka Surat
Alat
pembuka surat dapat berupa alat manual seperti pisau pembuka surat, ataupun
dengan menggunakan alat elektrik seperti mesin pembuka surat.
6. Stempel
Stempel berfungsi
sebagai legalitas pada surat. Setiap surat yang dicetak harus distempel agar
surat tersebut lebih resmi.
7. Buku Agenda Surat Masuk
dan Surat Keluar
Buku agenda digunakan
untuk mencatat data surat yang masuk atau keluar. Buku agenda harus disediakan
jika penaganan surat menggunakan sistem buku agenda.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.