Thursday, September 4, 2025

Analisis SWOT Kopi Kenangan

Sumber Gambar : https://boxies123.co.id/product/kopi-kenangan/












Strengths (Kekuatan)
  • Brand Sudah terkenal dan mudah dikenali (logo & desain toko Khas)
  • lokasi Strategis (berada di pusat perbelanjaan / mall)
  • Konsep outlet modern, bersih dan nyaman.
  • Variasi menu ditampilkan jelas di layar digital (menambah trans-Paransi & daya tarik).

 Weaknesses (Kelemahan)
  • Kapasitas tempat duduk terbatas (outlet lebih fokus untuk take away).
  • Ketergantungan pada lokasi mall (Kurang menjangkau pelanggan di luar area tersebut 
  • Desain Outlet Sederhana. Sehingga Kurang menonjol dibanding beberapa kafe lain yang lebih estetik.
 
Opportunities (peluang)
  • Tren konsumsi kopi di Indonesia terus meningkat, terutama di kalangan anak muda.
  • Potensi ekspansi ke berbagai Kota Kecil & area perumahan.
  • Kolaborasi dengan layonan pesan antar online (Grab food, Gofood, Shopee food).
  • Peluang inovasi menu minuman dan makanan ringan pendamping.
  • Program loyalitas pelanggan (membership / aplikasi).
  • Program (Cash back 30%) untuk menarik Adanya promo untuk menarik Pelanggan.
 
Threats (Ancaman)
  • Banyaknya pesaing brand kopi lokal dan internasional seperti, jiwa, Starbucks. Fore, dll.
  • Perubahan tren Konsumen yang cepat (mudah berpindah ke brand lain).
  • Kenaikan harga bahan baku Kopi & susu yang bisa mempengaruhi harga jual.
  • Kondisi ekonomi yang dapat menurunkan daya beli masyarakat.
  • Persaingan sangat Ketat dengan brand kopi lain yang menawarkan Konsep serupa.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.