KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH
KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi
Keahlian : Bisnis Konstruksi dan Properti (3 Tahun)
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi
tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan
ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Konstruksi
dan Propertipada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis
Konstruksi dan Properti. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan
dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
1. Mata
Pelajaran: Pengelolaan Bisnis Konstruksi
dan Properti
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1. Memahami konsep
jenis-jenis bisnis
konstruksi dan properti
|
4.1 Menyajikan
jenis-jenis bisnis
konstruksi dan properti
|
8
|
|
|
3.2. Memahami
konsep pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
|
4.2 Menyajikan
pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
|
8
|
|
|
3.3. Menerapkan
prosedur penjadwalan proyek
konstruksi
|
4.3 Membuat
penjadwalan proyek
konstruksi
|
24
|
Menyusun jadwal pelaksanaan, jadwal peralatan, jadwal personil dan jadwal material
|
Pelaksana Lapangan Pekerjaan bangunan perumahan dan gedung . Departemen Pekerjaan Umum
|
3.4. Menganalisa
penjadwalan proyek konstruksi
|
4.4 Merancang
penjadwalan proyek konstruksi
|
16
|
Menyusun jadwal pelaksanaan, jadwal peralatan, jadwal personil dan jadwal material
|
Pelaksana Lapangan Pekerjaan bangunan perumahan dan gedung –
Departemen Pekerjaan Umum
|
3.5. Mengevaluasi
penjadwalan proyek konstruksi
|
4.5 Memperbaiki
penjadwalan proyek konstruksi
|
16
|
|
|
3.6. Memahami
konsep pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
4.6 Menyajikan
pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
8
|
|
|
3.7. Menerapkan
prosedur pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
4.7 Membuat
pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
20
|
|
|
3.8. Mengevaluasi
pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
4.8 Memperbaiki
pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
16
|
|
|
3.9. Memahami
konsep jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
|
4.9 Menyajikan
jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
|
8
|
|
|
3.10. Menerapkan
tahapan pembuatan jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi
|
4.10 Membuat jenis-jenis diagram penjadwalan
proyek konstruksi
|
32
|
|
|
3.11. Memahami
konsep pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
|
4.11 Menyajikan pengelolaan sumber daya manusia,
bahan, dan peralatan
|
8
|
|
|
3.12. Menerapkan
prosedur pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
|
4.12 Melaksanakan pengelolaan sumber daya
manusia, bahan, dan peralatan
|
36
|
KJI.700.75. Menyiapkan dan mengatur
pembagian tugas para tukang dan pekerja
|
Mandor Konstruksi
KJI.700.75.. Departemen Pekerjaan Umum
|
3.13. Menganalisis pengelolaan
sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
|
4.13 Merancang pengelolaan sumber daya manusia,
bahan, dan peralatan
|
24
|
KJI.700.75. Menyiapkan dan mengatur
pembagian tugas para tukang dan pekerja
|
Mandor Konstruksi
KJI.700.75.. Departemen Pekerjaan Umum
|
3.14. Mengevaluasi
pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
|
4.14 Memperbaiki pengelolaan sumber daya manusia,
bahan, dan peralatan
|
16
|
|
|
3.15. Memahami
konsep pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir
pekerjaan konstruksi
|
4.15 Menyajikan pembuatan laporan harian,
mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
|
12
|
|
|
3.16. Menerapkan
prosedur pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir
pekerjaan konstruksi
|
4.16 Membuat laporan harian, mingguan,
bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
|
30
|
INA 5230.321.02.09.07 Membuat
laporan harian dan mingguan pelaksanaan pekerjaan
|
Pelaksana Lapangan Pekerjaan gedung. 5231.213.01. Departemen
Pekerjaan Umum
|
3.17. Mengevaluasi
pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan
konstruksi
|
4.17 Memperbaiki
laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
|
18
|
|
|
3.18. Memahami
konsep pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
|
4.18 Menyajikan
pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
|
12
|
|
|
3.19. Menerapkan
prosedur pengajuan termin pembayaran
pekerjaan konsruksi
|
4.19 Membuat pengajuan termin pembayaran
pekerjaan konsruksi
|
24
|
KJI.700.75. Melaporkan
hasil kegiatan dan menagih pembayaran
|
Mandor Konstruksi.
KJI.700.75. Departemen Pekerjaan Umum
|
3.20. Mengevaluasi
pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
|
4.20 Memperbaiki
pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
|
12
|
|
|
Jumlah jam pelajaran
|
348
|
|
|
Sumber : Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Pembinaan SMK
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.