Saturday, July 14, 2018

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Program Keahlian Teknik Geomatika dan Geospasial



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian                   : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian                 : Teknik Geomatika dan Geospasial
Kompetensi Keahlian            : Teknik Geomatika (3 Tahun)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Geomatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Geomatika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Mata Pelajaran: Survei Terestris
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1         Menerapkan pengukuran Jarak
4.1   Melakukan pengukuran jarak

22
M.71100.003.01
Operator Utama Survei Terestris
3.2         Menganalisa pengukuran sudut
4.2   Menyajikan laporan hasil pengukuran sudut
33
M.71100.002.01
Operator Utama Survei Terestris
3.3         Menganalisa pengukuran posisi vertikal dengan berbagai metode.
4.3   Menyajikan laporan hasil pengukuran posisi vertikal  dengan berbagai metode.
77
M.71100.004.01
Operator Utama Survei Terestris
3.4         Menganalisa pengukuran posisi horisontal dengan berbagai metode.
4.4   Menyajikan laporan hasil pengukuran posisi horisontal dengan berbagai metode.
88
M.71100.002.01
Operator Utama Survei Terestris
3.5         Menganalisa pengukuran GPS
4.5   Menyajikan pengukuran dengan GPS
33
M.71100.002.01
M.71100.003.01
M.71100.004.01
Operator Utama Survei Terestris
3.6         Menganalisa pengukuran pemetaan topografi.
4.6      Menyajikan laporan hasil pengukuran pemetaan topografi
66
M.71100.005.01
Operator Utama Survei Terestris
3.7         Menganalisa pengukuran luas.
4.7      Menyajikan laporan hasil pengukuran luas.
44
M.71100.002.01
M.71100.003.01
Operator Utama Survei Terestris
3.8         Menganalisa pengukuran volume
4.8      Menyajikan laporan hasil pengukuran volume.
22
M.71100.005.01
Operator Utama Survei Terestris
3.9         Mengevaluasi hasil pengukuran volume.
4.9      Menyajikan laporan perbaikan hasil pengukuran volume.
11
M.71100.005.01
Operator Utama Survei Terestris
3.10       Menganalisa syarat utama penggunaan alat ukur waterpass dan Theodolit (kalibrasi)
4.10   Menyajikan laporan hasil pengecekan alat ukur waterpass dan Theodolite
48
Belum Ada
Di Usulkan
Klaster
3.11       Menganalisa pengukuran  kapling/Persil
4.11   Menyajikan laporan hasil pengukuran  kapling/Persilan

64
Belum Ada
Di Usulkan
Klaster
3.12       Menganalisa pengukuran  konstruksi
4.12   Menyajikan laporan hasil  pengukuran  konstruksi
80
Belum Ada
Di Usulkan
Klaster
3.13       Menganalisa  pengukuran  jalan
4.13   Menyajikan laporan hasil  pengukuran  jalan
80
Belum Ada
Di Usulkan
Klaster
3.14       Menganalisa pengukuran saluran
4.14   Menyajikan laporan hail pengukuran saluran
64
Belum Ada
Di Usulkan
Klaster
3.15       Menganalisa pengukuran bendungan
4.15   Menyajikan laporan hasil pengukuran bendungan
48
Belum Ada
Di Usulkan
Klaster
3.16       Memahami penggunaan alat ukur elektronis
4.16   Menalar penggunaan alat ukur elektronis
48
Belum Ada
Di Usulkan
Klaster Penguasaan alat ukur mutakhir
3.17       Menganalisa rencana anggaran biaya sederhana pekerjaan survei pemetaan
4.17   Menyajikan rencana anggaran biaya sederhana pekerjaan survey pemetaan
64
Belum Ada
Di Usulkan
Klaster
3.18       Mengevaluasi Rencana anggaran biaya sderhana pekerjaan survei pemetaan
4.18   Menyajikan laporan perbaikan rencana anggaran biaya sederhana pekerjaan survei pemetaan
32
Belum Ada
Di Usulkan
Klaster
3.19       Memahami kebutuhan pasar kompetensi keahlian teknik geomatika
4.19   Membuat daftar data kebutuhan pasar kompetensi keahlian teknik geomatika Menalar
16
Belum Ada
Di Usulkan
Klaster

JUMLAH
940  Jam



Mata Pelajaran: Sistem Informasi Geografis
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1         Memahami konsep Sistem Informasi Geografis
4.1   Menyajikan konsep Sistem Informasi Geografis
10
Belum Ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.2         Memahami data spasial dan data non spasial
4.2   Menyajikan  data spasial dan data non spasial
15
Belum Ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.3         Menganalisa kebutuhan data spasial
4.3   Menyajikan kebutuhan data spasial
20
Belum Ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.4         Menganalisa kebutuhan  data non spasial
4.4   Menyajikan kebutuhan data non spasial
20
Belum Ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.5         Menerapkan sumber data spasial dan  non spasial
4.5   Menggunakan sumber data spasial dan non spasial pada SIG
25
Belum Ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.6         Menganalisa data spasial
4.6   Menyajikan data spasial
25
Belum Ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.7          Menganalisa data non spasial
4.7   Menyajikan data non spasial
25
Belum Ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.8          Menerapkan metode konversi data spasial
4.8    Mengkonversi data spasial
15
M.711000.086.01
Operator Utama SIG
3.9          Menerapkan metode konversi data non spasial
4.9   Mengkonversi data non spasial
10
M.711000.086.01
Operator Utama SIG
3.10        Mengevaluasi hasil konversi data spasial dan data non spasial
4.10    Menyajikan hasil konversi data spasial dan data non spasial
15
M.711000.086.01
Operator Utama SIG
3.11       Menerapkan tahapan konsep basis data SIG
4.11 Melaksanakan tahapan pembangunan basis data SIG
12
M.711000.087.01
Operator Utama SIG
3.12       Menerapkan proses input data dalam pembangunan basis data SIG
4.12  Menginput data dalam pembangunan basis data SIG
12
M.711000.087.01
Operator Utama SIG
3.13       Menerapkan perangkat keras komputer
4.13 Mengoperasikan perangkat keras Komputer
12
M.711000.087.01
Operator Utama SIG
3.14       Mengevaluasi kelengkapan dan kondisi perangkat keras komputer  
4.14 Menyajikan hasil evaluasi kelengkapan dan kondisi perangkat keras komputer
12
M.711000.087.01
Operator Utama SIG
3.15       Menerapkan perangkat lunak komputer
4.15 Menggunakan perangkat lunak komputer
24
M.711000.087.01
Operator Utama SIG
3.16       Mengevaluasi kelengkapan dan kondisi perangkat lunak komputer  
4.16 Menyajikan hasil evaluasi kelengkapan dan kondisi perangkat lunak komputer
12
M.711000.087.01
Operator Utama SIG
3.17       Memahami sistem transformasi koordinat
4.17 Menyajikan  sistem transformasi koordinat
16
M.711000.087.01
Operator Utama SIG
3.18       Menerapkan transformasi koordinat
4.18 Melaksanakan transformasi koordinat
24
M.711000.087.01
Operator Utama SIG
3.19       Mengevaluasi hasil transformasi koordinat
4.19 Menyajikan laporan hasil transformasi koordinat
12
M.711000.087.01
Operator Utama SIG


JUMLAH
316



Mata Pelajaran: Penginderaan Jauh
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1  Memahami konsep penginderaan jauh
4.1     Menyajikan  konsep penginderaan jauh
8
Belum Ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.2  Memahami konsep data spasial
4.2     Menyajikan konsep data spasial
8
Belum Ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.3  Memahami konsep data non spasial
4.3     Menyajikan konsep data non spasial
8
Belum Ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.4  Menerapkan metode pengumpulan data spasial
4.4     Melakukan pengumpulan data spasial
16
M.711000.064.01
Operator Utama PJ
3.5  Menerapkan metode pengumpulan data non spasial
4.5     Melakukan pengumpulan data non spasial
16
M.711000.064.01
Operator Utama PJ
3.6  Menerapkan penggunaan peralatan pengumpulan data pada permukaan bumi (ground truth)
4.6     Menggunakan peralatan pengumpulan data pada permukaan bumi (ground truth)
24
Belum Ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.7  Menganalisa data pendukung pengumpulan data sederhana pada permukaan bumi (Ground Truth)
4.7     Menyajikan data pendukung pengumpulan data sederhana pada permukaan bumi (Ground Truth)
24
Belum Ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.8  Memahami metode pengukuran permukaan bumi (Ground Truth)
4.8     Menyajikan metode pengukuran permukaan bumi (Ground Truth)
28
Belum ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.9  Mengevaluasi metode pengukuran permukaan bumi (Ground Truth)
4.9     Menyajikan hasil evaluasi metode pengukuran permukaan bumi (Ground Truth)
12
Belum ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.10        Memahami prinsip pengolahan citra satelit
4.10  Menyajikan  prinsip pengolahan citra satelit
20
Belum ada
Di Usulkan Di buat Klaster
3.11        Menerapkan pengolahan citra satelit
4.11  Melakukan pengolahan citra satelit
25
M.711000.065.01
Operator Utama PJ
3.12        Menganalisa interpretasi citra satelit
4.12  Menyajikan hasil interpretasi citra satelit
25
M.711000.065.01
Operator Utama PJ
3.13        Mengevaluasi uji ketelitian hasil interprestasi citra satelit
4.13  Menyajikan hasil uji ketelitian  interprestasi citra satelit
15
M.711000.065.01
Operator Utama PJ
3.14        Menganalisa survey toponimi
4.14  Menyajikan hasil survey toponimi
20
M.711000.098.01
Operator Utama Kartografi
3.15        Mengevaluasi data penginderaan jauh untuk dokumentasi
4.15  Menyajikan data penginderaan jauh untuk dokumentasi
20
M.711000.099.01
Operator Utama Kartografi
3.16        Menerapkan penyimpanan data analog
4.16  Melakukan penyimpanan data analog
15
M.711000.098.01
Operator Utama Kartografi
3.17        Menerapkan penyimpanan data digital
4.17  Melakukan penyimpanan data digital
15
M.711000.099.01
Operator Utama Kartografi
3.18        Mengevaluasi  hasil  dokumentasi penginderaan jauh
4.18  Menyajikan  hasil dokumentasi penginderaan jauh
15
M.711000.098.01
Operator Utama Kartografi


JUMLAH
314 Jam



Mata Pelajaran: Menggambar dengan Perangkat Lunak
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1    Memahami prosedur Penggunaan  perangkat  lunak untuk menggambar
4.1     Melaksanakan prosedur menggunakan perangkat  lunak untuk menggambar
8
SPL.KS21.237.00
Belum ada
3.2     Menerapka cara membuka perangkat lunak untuk menggambar teknik
4.2     Mengaplikasikan cara membuka perangkat lunak untuk menggambar teknik
12
SPL.KS21.237.00
Belum ada
3.3     Menerapkan metode penggambaran dengan perintah dasar  yang terdapat pada perangkat lunak
4.3     Melakukan metode penggambaran dengan perintah dasar yang terdapat pada perangkat lunak
20
SPL.KS21.237.00
Belum ada
3.4     Menerapkan perintah modifikasi gambar dengan perangkat lunak sesuai prosedur
4.4     Melakukan perintah modifikasi gambar  dengan perangkat lunak sesuai prosedur
16
SPL.KS21.237.00
Belum ada
3.5     Menerapkan perintah fasilitas pendukung gambar pada perangkat lunak
4.5     Melakukan perintah fasilitas pendukung gambar  pada perangkat lunak
20
SPL.KS21.237.00
Belum ada
3.6     Memahami program penggambaran dengan perangkat lunak
4.6     Membuka program Penggambaran dengan perangkat lunak
24
SPL.KS21.237.00
Belum ada
3.7     Menganalisa proses penggambaran menggunakan Perangkat Lunak
4.7     Menyajikan gambar  menggunakan perangkat lunak
20
SPL.KS21.237.00
Belum ada
3.8     Mengevaluasi gambar kontur menggunakan perangkat lunak
4.8     Menyajikan hasil evaluasi gambar kontur menggunakan perangkat lunak
12
SPL.KS21.237.00
Belum ada
3.9     Menerapkan  prosedur mencetak gambar dengan alat pencetak gambar (Ploter)
4.9    Mencetak  gambar dengan alat pencetak gambar (Ploter)
12
SPL.KS21.237.00
Belum ada

JUMLAH
144 Jam





Sumber : Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Pembinaan SMK
 


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.